Ini Peristiwa Bangkit & Jatuhnya BlackBerry

Diposting oleh Unknown on Selasa, 27 Agustus 2013

 jakarta – blackberry dulu tidak ada duanya, apalagi produsen asal kanada itu jadi pimimpin di ranah smartphone. namun saat ini, perusahaan yang dulunya bernama research in motion ( rim ) itu terpuruk, apalagi belum lama perusahaan menginformasikan sesuatu komite spesial untuk menyelamatkan bisnisnya.

detail berita

ditengah terjangan smartphone berbasis android, iphone, serta platform baru yang bermunculan seperti windows phone, blackberry lalu terkikis.

nah, untuk beri kesegaran ingatan anda tentang kejayaan serta kejatuhan blackberry, tersebut sebagian momen bangkit serta jatuhnya blackberry yang dikumpulkan dari beragam sumber :

1984 : perusahaan dibentuk
dua mahasiswa tehnik, mike lazaridi serta douglas fregin, membangun rim pada th. 1984 di waterloo, kanada.

awal-awal eksistensinya didunia teknologi, perusahaan mengembangkan teknologi wireless data memakai standar mobitex. ini buka dunia baru dapat komunikasi nirkabel melewati modem serta pager.

pada 1992 james balsillie berhimpun ke rim dan menginvestasikan sebanyak dana serta mengharapkan bahwa dana tersebut dapat tumbuh bersamaan dengan perkembangan usaha rim. balsillie diketahui mempunyai prinsip kerja yang keras dan melengkapi kekuatan tehnik dari lazaridis, mereka berdua didapuk sebagai chief executive officer ( ceo ) rim.

1998 : perangkat blackberry pertama
rim 900 inter@ctive pager dirilis pada 1996. sesuatu perangkat pager wireless yang dilengkapi dengan keyboard serta layar yang berikan sebanyak informasi. perangkat ini dapat dipakai untuk mengirim pesan, faks, dan notifikasi pesan.

apalagi, rim 900 dapat mengirim serta terima e-mail, satu tahun lebih lantas perusahaan meriliis rim 950 wireless handheld, yang dijuliki sebagai blackberry pertama. mempunyai design papan keyboard yang gampang dipakai untuk mengetik jadikan blackberry pertama ini memperoleh sambutan hangat. alhasil rim membuat hubungan kerja dengan sebanyak perusahaan seperti ibm, bellsouth wireless, serta rogers cantel.

1 tahun lantas, rim meluncurkan service e-mail blackberry, sampai selanjutnya perusahaan melantai ke bursa nasdaq. penjualan blackberry lalu meningkat cepat.

2001 : blackberry digugat jutaan dollar
di dalam popularitasnya, rim tersandung masalah paten. dapat dibuktikan melanggar paten punya ntp, perusahaan diminta untuk membayar kerugian sebesar usd33 juta.

pada 9 februari 2006, departemen pertahanan amerika serikat ( dod ) mengambil keputusan menutup service blackberry dengan sesaat tetapi tidak terhitung pengguna pemerintah. dod juga menyebutkan, blackberry mutlak untuk keamanan nasional, meningkat jumlah pengguna didalam pemerintahan yang cukup besar.

manfaat menghindar pelanggaran paten, rim menginformasikan sudah mengembangkan perangkat lunak yang tidak melanggar paten ntp pada 9 februari 2006.

sampai masalah paten dikerjakan pada 2006, perusahaan mesti kehilangan usd612, 5 juta. menariknya, masalah hukum yang menyorot perusahaan makin melambungkan nama blackberry. rim mempunyai nyaris lima juta pelanggan blackberry aktif serta laba bersih kian lebih 240 juta poundsterling.

2006 : customer buru blackberry
rim terus memperoleh hati customer. seri 7100 ‘charm’ jadi konsentrasi baru untuk pasar customer serta lantas perusahaan merilis ‘electron’ serta ‘pearl’ yang dilengkapi kamera, navigasi, serta fitur olah-pesan.

fitur keyboard yang gampang dipakai membuat blackberry semakin melambung. apalagi di as, nampak sesuatu komune penggila blackberry dengan julukan ‘crackberry’ – sekarang ini tetap eksis berikan informasi sekitar perubahan blackberry.

2007 : blackberry bisa saingan
apple menginformasikan kehadiran iphone pada 2007. kehadirannya lalu mengancam blackberry pearl, yang dirilis lebih dulu. pearl adalah handset blackberry pertama yang dibekali kamera serta media player.

lihat ada ancaman, rim lalu merilis blackberry seri 8800 serta curve. rim sukses jadi perusahaan ‘most valuable’ di kanada.

dengan 10 juta pelanggan sampai akhir 2007, belum ada sinyal tanda bila iphone punya potensi membunuh blackberry.

2008 : rim rilis blackberry layar sentuh
android diluncurkan menyambut akhir 2008, rim tidak tinggal diam serta merilis blackberry storm, smartphone dengan layar sentuh pertama.

langkah diluncurkannya blackberry storm bukan hanya tanpa karena, ini dikerjakan perusahaan untuk bertarung dengan iphone, htc dream, serta palm pre. pada th. yang sama rim juga melepas blackberry bold, diperkirakan perusahaan beroleh keuntungkan 49 juta poundsterling.

2011 : blackberry playbook
menyusul keberhasilan ipad, rim lalu tergugah untuk bermain dengan merilis product di kelompok yang sama, playbook.

sayangnya, playbook bernasib nahas, ketersediaan aplikasi serta antarmuka yang kaku membuat tablet besutan rim ini dijauhi customer.

2011 : blackberry messenger ngadat
musim pada th. 2011, pengguna blackberry dibikin beram karena service utama blackberry messenger ( bbm ) alami masalah. apalagi momen yang berlangsung pada oktober 2011 memaksa chief executive rim mike lazaridis menghendaki maaf melewati video.

disamping itu, pengguna blackberry di tanah air juga alami masalah yang sama.

2011 : drama blackberry 10
kehadiran platform baru yang tidak kunjung mendesak ceo lazaridis serta balsillie untuk turun serta digantikan oleh thorsten heins.

blackberry 10 awalannya direncanakan dapat dirilis pada 2011, lantas dipending ke 2012, peluncurannya lalu terus molor. perusahaan berdalih bahwa penundaan lebih disediakan manfaat mempersiapkan semua segi untuk menambah ‘daya jual’ platform anyarnya.

awal 2013, perusahaan selanjutnya merilis blackberry 10 sekalian melepas nama research in motion ( rim ) jadi blackberry. didalam peluncuran platform baru, dua handset diperkenalkan z10 serta q10.

keinginan z10 awalannya cukup tinggi, namun bersamaan berjalannya waktu penjualan lalu merosot serta tidak seuai harapan. lalu demikianlah dengan blackberry q10. per desember 2013, pelanggan blackberry meraih 80 juta. sekarang ini blackberry diperkirakan bernilai usd3, 5 miliar poundsterling.

sadar dapat persaingan yang semakin sengit di industri smartphone, perusahaan belum lama ini membentuk sesuatu komite spesial untuk menyelamatkan perusahaan. tim ini diberi amanah untuk melacak sebanyak jalan keluar supaya blackberry tidak karam, apalagi bila butuh jual perusahaan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar