Tips: Cara Membuat Memory Card Kamera Digital Awet

Diposting oleh Unknown on Senin, 04 Februari 2013

Tips: Cara Membuat Memory Card Kamera Digital Awet

Era fotografi digital, keberadaan memory card atau kartu memori menjadi vital. Fungsi Memory Card menggantikan fungsi film warna atau hitam putih seperti di era analog. Bisa dibilang Memory Card yang ada di kamera digital anda menjadi salah satu kunci penting usai proses pemotretan.
Memory Card pun harus dirawat sedemikian rupa agar keberadaan fungsi memory card tersebut bisa sehat dan tahan lama. Jadi memiliki pengetahuan yang tepat bagaimana melakukan perawatan memory card sangat penting apakah anda seorang fotografer profesional atau sekedar menjadi hobiis saja. Berikut 5 cara membuat memory card anda sehat dan tahan lama :

1. Format memory card anyar anda sebelum dipakai.
Jangan tertipu dengan iklan seperti “siap pakai”yang sering tertera pada memory card anda. Memory card baru anda sebaiknya segera di format sebelum dipakai pada kamera yang biasa anda gunakan agar memory card tersebut menyesuaikan dengan format pada kamera tersebut.

2. Hindari memotret hingga kapasitas maksimum pada memory card.
Tiap memory card memiliki kapasitas berbeda mulai dari 1gb hingga 32gb. Kapasitas tersebut berkaitan erat dengan jumlah file foto yang bisa anda potret. Sebaiknya hindari memotret hingga kapasitas maksimum memory card. Karena kemungkinan akan terjadi error saat proses menyimpan terjadi semakin besar.

3. Hindari kehabisan baterai kamera saat memotret.
Kamera digital hidup matinya sangat bergantung pada baterai kamera yang ada dalam badan kamera tersebut. Jikalau anda memaksakan tetap memotret saat kondisi baterai mendekati habis, ada kemungkinan terjadi file corrupt atau kegagalan menyimpan foto secara utuh. Hal tersebut terjadi karena jumlah energi dan kebutuhan yang harus dipenuhi gagal diberikan karena posisi baterai kamera yang hampir habis.

4. Reformat memory card usai menghapus file foto.
Format memory card akan selalu memastikan kondisi media penyimpan sehat dan tidak menyimpan bad sector. Saat memotret, kita pasti sering menghapus file foto yang tidak fokus atau tidak sesuai dengan konsep. Usai proses tersebut, pastikan memory card anda sudah di format sebelum dipakai kmebali agar sesuai dengan format kamera yang anda pakai.

5. Pakai jenis memory card yang sudah memiliki reputasi.
Di dunia fotografi profesional, umumnya para fotografer hanya memakai 2 jenis merk yaitu sandisk dan lexar. Kedua merk ini dikenal telah memiliki reputasi sebagai produsen memory card kelas dunia. Selain itu, di beberapa tipe memory card kedua pabrikan tersebut memberi software gratis untuk me-restore foto foto yang hilang apabila memory card terjadi kerusakan. 

http://wirawiri.net/2013/02/04/5-cara-membuat-memory-card-anda-sehat-dan-tahan-lama/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar